Keutamaan Membaca Alquran Yang Ternyata Banyak Yang Tidak Diketahui

Membaca Alquran atau sebagian lainnya menyebutnya mengaji merupakan kewajiban setiap muslim alasannya di dalam Alquran ada petunjuk menjalani kehidupan di dunia sebagai bekal di darul abadi kelak.


membaca alquran via konfrontasi.com

Membaca Alquran sepatutnya dikerjakan setiap hari, setiap waktu termasuk pada bulan suci Ramadan. Membaca Alquran pahalanya begitu besar apalagi dikerjakan pada bulan Ramadan. Karena di bulan bulan mulia segala amalan menjadi berkali-kali lipat pahalanya

Terdapat banyak dalil yang berisi motivasi untuk membaca Alquran, merenungi makna dan mengamalkannya. 
Allah Ta’ala berfirman:


كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ


“Ini ialah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang memiliki pikiran” (QS. Shaad [38]: 29).

Bukanlah tujuan membaca Alquran hanya sekedar membaca dan melewati ayat-ayatnya saja serta mengkhatamakan bacaannya sebanyak sepuluh atau dua puluh kali. Bukan ini maksudnya.

Maksud dan tujuan utama ialah mengambil manfaat dari Al-Qur’an dan mengamalkannyaMembaca Alquran merupakan sarana dan jalan untuk mengamalkan Alquran. Membaca Alquran sendiri ialah sebuah amal shalih, namun kita tidak mengkhusukan hanya membaca Alquran dan berhenti di sana. Lebih dari itu, kita harus merenungi makna dan mengamalkannya, sehingga kita bisa menjadi hamba yang mengambil manfaat dari ayat-ayat Membaca Alquran.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:


مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ


“Barangsiapa membaca satu abjad dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak menyampaikan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu abjad dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi no. 2915. Dinilai shahih oleh Al-Albani).

Ini 17 Keutamaan Membaca Alquran Setiap Hari yang Harus Anda Ketahui


Membaca Alquran tidak akan rugi banyak keutamaan yang kita peroleh. Inilah beberapa keutamaannya:

1. Sebaik-baik Manusia yang Mempelajari dan Mengajarkan Alquran

ilustrasi baca alquran via thayyiba.com
Sabda Nabi Muhammad SAW, “Sebaik-baik kalian ialah siapa yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya,” (HR. Bukhari).

2. Pahala Membaca Alquran

“Siapa saja membaca satu abjad dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya,” (HR. At-Tirmidzi).

3. Keutaman Membaca Alquran, Menghafalnya dan Pandai Membacanya

“Perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala,” (Muttafaq ‘alaih).

4. Pahala bagi Orang yang Anaknya Mempelajari Alquran

“Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari selesai zaman mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua aksesori yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa Al-Qur’an,” (HR. Al-Hakim).

5. Alquran Memberi Syafa’at kepada Ahlinya di Akhirat

ilustrasi keutamaan Alquran via dunia-islam-abad-ini.blogspot.com

“Bacalah Al-Quran alasannya ia akan tiba pada hari selesai zaman sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya,” (HR. Muslim).

“Puasa dan Al-Quran keduanya akan memperlihatkan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).


6. Pahala bagi Orang yang Berkumpul untuk Membaca dan Mengkajinya 

“Tidak berkumpul sauatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya,” (HR. Abu Dawud).

7. Dapat Menentramkan Hati

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS.13:28).

8. Dapat Menyembuhkan Penyakit

“Hendaknya kau memakai kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an,” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

9. Pembaca Alquran Dikaruniakan Hatinya dengan Cahaya oleh Allah SWT Dan Dipeliharanya dari Kegelapan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipatganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

10. Pembaca Alquran Memperoleh Kemulian dan Diberi Rahmat kepada Ibu Bapaknya

ilustrasi ibu bapak via gushaironfadli.com

“Siapa yang membaca Al-Qurandan bederma dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kau terhadap yang bederma dengan ini (Al-Qur’an),” (HR. Abu Daud).

11. Pembaca Alquran Memperoleh Kedudukan yang Tinggi dalam Syurga

Bersabda Rasulullah SAW yang maksudnya: Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar selesai ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

12. Membaca Satu Huruf Alquran Akan Memperoleh Sepuluh Kebaikan

“Barang siapa yang membaca satu abjad kitab Allah, maka ia akan mendapat satu kebaikan dengan abjad itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah menyampaikan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu abjad dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

13. Orang yang Membaca Alquran Secara Terang-Terangan menyerupai Bersedekah Secara Terang-Terangan

ilustrasi sedekah via nu.or.id

“Orang yang membaca Al-Quran terang-terangan menyerupai orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Quran secara tersembunyi menyerupai orang yang bersedekah secara sembunyi,” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat shahihul jaami’:3105).

14. Alquran Akan Menjadi Syafaat Bagi Orang yang Membacanya

Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadistnya “Bacalah Al Alquran alasannya ia akan tiba pada hari selesai zaman untuk memberi syafaat kepada orang yang telah membaca dan mengamalkan isinya.”

15. Alquran ialah Cahaya Di tengah Kegelapan

“Aku wasiatkan kepada kalian semoga bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an bergotong-royong ia ialah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh,” (HR. Baihaqi).

16. Ahlul Alquran ialah Keluarga Allah SWT

“Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka ialah Ahlul Qur’an, mereka ialah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya,” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

17. Yang Mahir Membaca Dia Akan Bersama Malaikat, dan yang Terbata-Bata Mendapat Dua Pahala

“Orang yang mahir membaca Al-Quran kelak (mendapat daerah disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Quran dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka ia mendapat dua pahala.”

Dua pahala ini, salah satunya merupakan akhir dari membaca Alquran itu sendiri, sedangkan yang kedua ialah atas kesusahan dan keberatan yang dirasakan oleh pembacanya.


Dengan adanya artikel ini, diperlukan Anda lebih bisa dalam membaca Alquran atau bahkan menjadikannya sebagai kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Semoga, kita bisa selalu ingat kepada Allah dalam segala keadaan. 

Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close